Cara Mengunci Folder Di Google Drive

  • Diterbitkan : 24 Nov 2022

Cara Mengunci Folder Di Google Drive. File yang dapat tersimpan di sana berupa dokumen, foto, video, audio, dan lainnya. Cara pertama untuk mengunci file di Google Drive adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

Cara kerja fitur ini adalah untuk memberikan dua metode identifikasi jika pengguna ingin mengakses akun Google. Selain itu, dokumen di PowerPoint pun bisa Anda beri sandi dengan langkah-langkah yang sama. Meskipun memberi banyak kemudahan, tetapi Google Drive tetaplah sebuah internet yang memiliki celah negatif.

Saat ini marak terjadi pencurian data hingga plagiasi karena kurangnya keamanan pada file yang beredar di internet.

Membatasi opsi berbagi pada file Drive

Jika Anda membagikan file, pemilik dan siapa saja yang memiliki akses editor dapat mengubah izin serta membagikan file tersebut. Hapus centang Editor dapat mengubah izin dan berbagi. Jika seseorang yang memiliki akses Editor mencoba membagikan ulang file atau folder yang dibatasi, mereka memiliki opsi untuk mengirim email kepada Anda untuk meminta izin membagikan file tersebut. Anda dapat memutuskan apakah akan membagikan file tersebut.

Jika demikian, pengguna tetap tidak dapat mengubah izin akses. Izin akses tersebut akan berwarna abu-abu dan menjadi tidak tersedia.

Cara Mengunci Google Drive Paling Praktis Di HP & Laptop

Cara Mengunci Folder Di Google Drive. Cara Mengunci Google Drive Paling Praktis Di HP & Laptop

Tapi kalian sudah tahu belum cara mengunci File dan Folder di Google Drive? Selain penyimpanan perangkat tidak cepat penuh, tentu file yang ada di google drive tersimpan dengan aman.

Asalkan link tersebut sudah diubah mode perizinan aksesnya atau kepada orang-orang tertentu yang kamu berikan izin untuk mengaksesnya. Jika kamu baru ingin menguncinya, simak artikel ini sampai habis karena flin setyadi akan membahas cara mengunci google drive. Buka file yang ingin kamu kunci melalui Microsoft Word Tekan menu ‘File’ di pojok kiri atas layar Pilih opsi ‘Protect Document’ Klik tombol ‘Enkripsi Dengan Kata Sandi’ Masukkan kata sandi yang kamu inginkan. Dan fitur ini memang ditujukan bagi para pengguna Google demi menjaga keamanan serta privasinya. Buka menu ‘Pengaturan’ di hp Masuk ke menu ‘Pengaturan Aplikasi’ Tekan menu ‘Google’, lalu klik ‘Akun Google’ Pilih akun Google yang ingin kamu beri pengamanan verifikasi 2 langkah, atau login jika diminta Klik opsi ‘Verifikasi 2 Langkah’, lalu klik ‘Mulai’ Ikuti langkah-langkah untuk mengonfirmasi langkah yang kamu lakukan dan setujui notifikasi yang muncul Tunggu proses selesai dan fitur ‘Verifikasi 2 Langkah’ sudah aktif di akun Googlemu. Jadi, ketika ingin login maka kamu akan diminta memasukkan kode atau angka yang di kirim ke nomor ponsel.

Jadi, sekarang kamu tidak pelru khawatir jika ingin menyimpan file dan folder yang bersifat rahasia di Google Drive karena kamu sudah bisa mengunci nya agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih terlah berkunjung ke flin setyadi.

Cara Terbaru Private File yang Diupload ke Google Drive

Cara Mengunci Folder Di Google Drive. Cara Terbaru Private File yang Diupload ke Google Drive

Privasi file juga berguna untuk melakukan lock pada file-file lama agar tidak mudah dicuri atau disalahgunakan. Sudah tahu cara privare file yang diupload ke Google Drive? Perlu diketahui, bahwa file-file yang kalian upload melalui layanan ini pada kondisi defaultnya bisa dilihat dan dibagikan untuk semua orang.

Memprivasi file yang diunggah di Google Drive memang sangat penting. Sayangnya, cara privare file yang diupload ke Google Drive ini bisa dilakukan dari komputer/PC atau laptop dan juga Smartphone Android.

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengakses akun Google Drive Kamu dan pastikan file yang ingin di privasi sudah ada dalam folder Google Drive. Kemudian klik icon bagikan dan tunggu hingga muncul POPUP pengaturan status seperti yang terlihat pada gambar berikut:.

Dengan mengikuti langkah diatas, maka orang lain tidak dapat membuka file kalian yang sudah terlanjur dibagikan URL-nya. Namun jangan khawatir, Kamu tidak akan kehilangan file tersebut, dan masih bisa membukanya.

Sehingga dengan cara ini, file tertentu atau peting yang Kamu upload di Google Drive tidak bisa diakses oleh orang lain.

Agar Tetap Aman, Ikuti 3 Cara Ini untuk Mengunci Folder di PC!

Cara Mengunci Folder Di Google Drive. Agar Tetap Aman, Ikuti 3 Cara Ini untuk Mengunci Folder di PC!

Jika memakai folder yang telah dibubuhi password, mereka pun tidak akan bisa masuk ke folder tersebut sekalipun sudah tahu kata sandi untuk masuk ke halaman desktop di laptop Anda. Kami tidak bilang kalau tempat penyimpanan cloud itu tidak aman, karena beberapa platform seperti Google Drive dan MEGA sudah punya sistem enkripsi sendiri yang dicanangkan sangat aman dalam melindungi data pribadi. Hal ini karena Anda diharuskan untuk mengakses internet setiap kali hendak menambahkan file baru. Karena, folder yang terproteksi tetap bisa dilihat melalui user account Anda tanpa harus memasukkan password setiap saat.

Klik kanan pada file atau folder yang akan dikunci, lalu pilih Properties. Nah, sekarang folder tersebut tidak bisa sembarangan dibuka oleh user account lain.

Enaknya lagi, Anda tinggal perlu melakukan cut dan paste file ke dalam folder untuk membuatnya terproteksi. Ini cara yang cocok kalau di laptop Anda hanya menyediakan satu user account saja.

Klik kanan pada salah satu file yang telah di-select, lalu pilih menu Add to archive. Masukkan kata sandi yang diinginkan, lakukan juga pada kolom satunya lagi sebagai bentuk verifikasi.

Cara Mengunci Aplikasi Google Drive di iPhone

Cara Mengunci Folder Di Google Drive. Cara Mengunci Aplikasi Google Drive di iPhone

Karena Google Drive merupakan cloud storage yang digunakan untuk menyimpan data dan file menyematkan fitur khusus di Google Drive pada iPhone adalah pilihan yang tepat. Demi privasi dan keamanan daya yang ada di dalamnya beberapa aplikasi kini sudah menghadirkan fitur pengunci bawaan.

Sudah lama menggunakan iPhone dan aplikasi Google Drive tetapi kamu tidak tau bahwa aplikasi Google Drive yang ada di iPhone bisa dikunci? Saya sendiri menggunakan iPhone 11 dan selalu membuka Google Drive dengan Face ID, sedikit merepotkan tetapi yang terpenting lebih aman. Perlu di ingat cara ini hanya mengunci aplikasi Google Drive, akun Google Drive kamu tetap akan bisa di buka lewat browser karena memang tidak ada keamanan khusus. Tetapi mengunci aplikasi Google Drive di iPhone akan memberikan rasa aman yang lebih bagi pengguna.

Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai cara mengunci aplikasi Google Drive di iPhone, semoga bermanfaat bagi kamu semua.

Cara Menyembunyikan File Rahasia di Google Drive, Dijamin Aman!

Cara Mengunci Folder Di Google Drive. Cara Menyembunyikan File Rahasia di Google Drive, Dijamin Aman!

Popularitas Google Drive dipengaruhi oleh beragam fitur menarik, akses mudah, serta sistem keamanan dan privasi yang terjamin. Pada umunya, pengguna khawatir terhadap pihak ketiga yang mampu mengakses file-file penting atau file rahasia di Google Drive. Maka dari itu, ada baiknya pengguna menerapkan proteksi khusus untuk melindungi file-file penting dengan cara menyembunyikannya secara manual.

Nah, kali ini tim Nextren akan bakal berbagi seputar cara menyembunyikan file rahasia di Google Drive dengan aman. Setelah itu, Google secara otomatis mengubah thumbnail file rahasia dengan gambar atau foto baru tersebut.

Cara mengamankan file didalam google drive

Cara Mengunci Folder Di Google Drive. Cara mengamankan file didalam google drive

Ketik google.com/drive atau drive.google.com Maka pada baris paling atas akan muncul halaman Google Drive. merupakan salah satu media penyimpanan cloud atau awan milik Google yang banyak dipakai oleh pengguna internet saat ini.

kali ini kita akan membahas Bagaimana cara untuk mengamankan file yang sudah diunggah di akun Google Drive milik kita.Seperti pada media penyimpanan awan lainnya, Google Drive juga dapat menyimpan beberapa file dalam berbagai ekstensi yang berbeda, seperti file dalam bentuk dokumen, pdf, presentasi, Winrar, video gambar dan sebagainya.Walaupun file yang sudah diunggah tersebut sebenarnya sudah cukup aman, apabila kita tidak memberikan password atau sandi akun Google kita kepada orang lain. akan tetapi file yang disimpan secara online ini tetap harus dilindungi agar tidak diambil oleh orang lain.didirikan pada tanggal 24 April 2012. Apa yang menjadikan produk penyimpanan cloud milik google ini begitu diminati?Secara garis besar beberapa kelebihan nya antara lain Media penyimpanan cukup besar yaitu sekitar 5 GB untuk free member, ada Preview isi file, mampu Integrasi Google Office Webapp (Office versi Google), ada History document-nya, kamu juga bisa Integrasi dengan Aplikasi pihak ketiga, bisa Sinkronisasi antar Device dan juga kamu bisa Berbagi file dan menempelkan file ke website.Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mengamankan file di google drive, sebenarnya ada banyak opsi yang bisa dipakai. Mulai dari membuat password pada file sebelum di unggah, mengunci google drive lewat android, atau mengaktifkan sistem keamanan dua langkah.Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak Tentunya cara membuat password di google drive ini sudah kamu ketahui. Beberapa langkah diantaranya :Selain mengunduh kamu juga bisa membuat file langsung dari drive yang sudah disediakan oleh pihak google.Berikut adalah cara mengamankan file yang sudah di unggah di dalam google drive dengan memanfaatkan dan mengaktifkan sistem verifikasi 2 langkah yang sudah diberikan oleh pihak google yaitu :Buka browser milikmu dan ketikkan alamat myaccount.google.com dan seperti biasa, masukkan email dan password google milikmu.Setelah masuk, untuk lebih cepatnya, masuk ke tautan verifikasi 2 langkah berikut. Adapun langkah langkahnya antara lain sebagai berikut :Bila kamu masih bingung bagaimana mekanisme fitur ini, verifikasi 2 langkah maksudnya meningkatkan lapisan keamanan dengan meminta pengguna untuk memberikan dua bentuk identifikasi sebelum dapat mengakses akun google milikmu.Kesimpulannya selain alamat email dan password, kamu juga butuh kode unik yang akan dikirimkan ke nomor telepon atau perangkat fisik lainnya, yang kemudian masuk pada tahap kedua dari proses login.

Karena identifikasi kedua dikirim ke perangkat yang secara fisik ada pada mu, maka ini bisa mempersulit hacker untuk menjebol akun google milikmu.Baca juga : Cara ByPass Internet Positif Ketika Buka Situs yang Diblokir Demikianlah pembahasan mengenai Cara mengamankan file didalam google drive kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam mengamankan file yang akan kamu unggah nantinya di akun drive mu.