Cara Back Up Data Di Laptop

  • Diterbitkan : 04 Dec 2022

Cara Back Up Data Di Laptop. Di era digital sekarang ini, mengetahui cara backup data sebagai langkah antisipasi kehilangan file memang sudah menjadi suatu hal wajib. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi juga berperan meningkatkan potensi peretasan data penting, dan lebih parahnya apabila file dirusak oleh oknum tertentu untuk tujuan yang negatif. Bukan hanya mudah digunakan, hard drive eksternal akan menjadwalkan backup update otomatis, sehingga pengguna tidak perlu repot harus melakukan pemeriksaan berkala. Bagi pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS, maka backup data dapat dilakukan melalui Time Machine (device yang berfungsi mencadangkan file ke hard drive eksternal secara otomatis.

Apalagi, setelah berlangganan paket komplet ini Anda juga akan mendapatkan bermacam keuntungan menarik yang bisa menjadi solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital.

Cara Menggunakan Time Machine Backup Pada Komputer Windows, Mac, dan Server Website

Cara Back Up Data Di Laptop. Cara Menggunakan Time Machine Backup Pada Komputer Windows, Mac, dan Server Website

Jika datanya ada di komputer pribadi, kamu mungkin kehilangan data berupa gambar, musik, atau juga file pekerjaan yang akan sulit diganti. Ada juga berbagai cara di mana perangkat ini dapat diatur sedemikian rupa untuk menyediakan redundansi secara geografis, keamanan data yang maksimal, dan menghasilkan portabilitas. kamu perlu melakukan backup yang tersistemasi dan sangat aman (double standars) untuk menghindari pencurian data karena malware atau ancaman lainnya.

Pada saat itu, kamu harus menggunakan drive yang berbeda atau memulai pembersihan secara manual dari Control Panel (di bawah System and Security > File History > Advanced Settings) untuk memberi space. Saat seseorang melakukan full backups, maka copy atau salinan dari semua data akan dibackup secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.

2 Cara Backup Data Windows 10 Dengan Mudah

Cara Back Up Data Di Laptop. 2 Cara Backup Data Windows 10 Dengan Mudah

Tidak peduli seberapa canggih antivirus dan sistem yang ada di sebuah komputer atau laptop, kedua perangkat ini tidak pernah aman. Selain dari aspek keamanan, update Windows 10 juga kerap bermasalah.Mungkin Anda pernah berpikir seandainya bisa membuat cadangan atau backup seluruh isi komputer Anda dengan mudah sekaligus. Microsoft sejak lama sudah memfasilitas hal tersebut dengan fitur backup Windows.Dikutip dari PC Gamer, cara melakukan backup Windows 10 sebetulnya sangat mudah.

Kemampuan backup menyediakan beberapa kebijakan yang bisa dipilih, backup otomatis kapan saja, berkala tergantung pilihan Anda, atau hanya backup ketika Anda memintanya.Langkah pertama masuk ke menu Windows Settings dengan mengklik ikon gir di Start Menu. Sebelumnya, di bagian bawahnya ada pilihan Add Drive untuk menentukan media penyimpana atau disk drive untuk menyimpan backup Anda.Saat memilih disk drive atau media penyimpanan Anda juga akan diberikan pertanyaan mengenai jadwal proses backup.

Apabila secara berkala maka cukup tentukan hari dan jam untuk Windows melakukan backup otomatis berkala.Backup lengkap ini akan melakukan backup menyeluruh mulai dari data yang disimpan, konfigurasi sistem, termasuk aplikasi yang terpasang. Langkah awalnya masih sama, masuk ke Windows Settings kemudian pilih Update & Security.Di bagian bahwa pilihan Backup Using File History akan muncul pilihan dengan judul "Looking for an older backup?".

Tidak perlu bingung, dipastikan fitur ini juga mendukung Windows 10.Nanti akan muncul halaman dialog baru berisi pilihan disk drive yang berisi backup atau baru akan digunakan untuk membuat backup Windows 10. Untuk membuat backup baru pilih opsi "Create a system image".Nanti secara otomatis fitur ini akan mencari disk drive atau media penyimpanan yang memiliki kapasitas cukup untuk membuat backup Window 10.

Durasi pembuatan backup akan memakan waktu tergantung dari ukuran data.

Cara Melakukan Backup Data yang Benar Agar Data Kamu Aman

Saat memilih drive atau media penyimpanan, Anda juga akan ditanya tentang jadwal backup yang kamu inginkan. Di bawah File History Backup, opsi berjudul “Mencari cadangan yang lebih lama?” Akan muncul. Fitur ini akan secara otomatis mencari drive atau media penyimpanan dengan kapasitas yang cukup untuk membuat backup Windows 10. Perlu diingat bahwa Android sebenarnya menawarkan beberapa metode bagi pengguna untuk mencadangkan data yang mereka miliki.

Salah satunya adalah pengaturan pada perangkat, jadi Anda tidak perlu repot mengatur banyak hal. Jadi, setelah berhasil membuat cadangan foto atau gambar, Anda dapat mengaksesnya kapan saja saat online.

Cara menggunakan Dropbox Backup

Setelah Anda menghubungkan hard drive eksternal dan menyetujui pencadangannya, file akan dicadangkan ke Dropbox Backup. Catatan: Anda tidak dapat mengubah (seperti mengedit, menambahkan, atau memindahkan) file yang dicadangkan dari hard drive eksternal di Dropbox.

Dengan Dropbox Backup, Anda dapat memulihkan file dan folder yang dicadangkan ke komputer baru. Pada opsi Tambahkan cadangan, pilih komputer atau hard drive eksternal yang ingin dicadangkan. Catatan: Jika Anda melihat Siapkan sebagai gantinya, itu berarti cadangan komputer sudah nonaktif. Anda dapat dengan mudah memulihkan file dan folder yang dicadangkan ke komputer baru jika terjadi masalah.