Cara Bobol Atm Lewat Nomor Rekening

  • Diterbitkan : 05 Dec 2022

Cara Bobol Atm Lewat Nomor Rekening. Pasalnya sebagai karyawan bank memang ada kewenangan mengecek SLIK di OJK.H ini menjual data-data ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab seharga Rp 100.000 per data. Data itu berisi nama lengkap nasabah si calon korban, nomor telepon, alamat, hingga jumlah uang.

"SLIK OJK di situ ada data-data pribadi lengkap seseorang yang memiliki rekening atau limit rekening yang ada secara random dia bisa tahu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, dilansir dari detik.com. H menjual datanya kepada D dan memilih secara acak nasabah yang siap menjadi korban.

Sampailah kala itu nama Ilham Bintang.Ilham Bintang adalah seorang pengusaha Indonesia, pelopor jurnalistik infotainment.

Begini Cara Penjahat Bobol Rekening Nasabah Lewat Setruk ATM

Direktorat Reserse Kriminal umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Selatan berhasil membongkar komplotan pembobol rekening nasabah bank daerah. Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Suryadi, mengatakan komplotan pelaku mendapatkan identitas korban dengan memungut setruk hasil transaksi yang ditinggalkan di ATM.

Di dalam setruk tersebut terdapat nomor rekening serta jumlah saldo milik nasabah. Kemudian mereka membuat KTP korbannya dengan mengambil data pemilih dari website milik KPU," kata Suryadi di Polda Sumsel.

Namun, Suryadi tidak menyebutkan secara spesifik situs resmi KPU mana yang diakses pelaku untuk menghimpun data korban. Setelah menduplikasi KTP korban, pelaku datang ke bank dengan membawa bukti rekening yang juga telah dipalsukan untuk mencairkan uang dan mengaku ketinggalan kartu ATM.

Suryadi mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika melakukan transaksi perbankan, terutama di mesin ATM. Setelah melakukan transaksi, Suryadi menyarankan agar bukti transfer tidak ditinggal karena pelaku bisa mengetahui saldo tabungan para nasabah.

Awas! 2 Cara Ini Dipakai Bobol Rekening Bank Via Nomor Ponsel

Cara Bobol Atm Lewat Nomor Rekening. Awas! 2 Cara Ini Dipakai Bobol Rekening Bank Via Nomor Ponsel

- Kasus pembobolan mobile banking yang terjadi belakangan ini membuat pengguna harus semakin berhati-hati. Para oknum kejahatan ini dalam melancarkan aksinya tidak perlu menjadi peretas handal maupun memakai software yang canggih.Oknum pencuri tersebut hanya melakukan rekayasa sosial dengan dua skema yaitu :Executive Director Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, menjelaskan bahwa call forwarding adalah pengalihan komunikasi telepon dari suatu nomor ponsel ke nomor ponsel lainnya.Jadi nantinya, ketika fitur Call Forward dipakai semua panggilan yang tertuju ke nomor ponsel kita akan dialihkan ke nomor yang dituju. "Kemungkinan besar masalah terjadi karena adanya OTP yang diminta ke korban langsung melalui voice atau SMS ke nomor ponsel ponsel korban Karena kan bisa kita daftar dengan aplikasi di ponsel baru dengan memasukkan nomor dan nomor itu akan dikirimi OTP," ujar Heru kepada wartawan CNBC, pekan lalu.Selain itu, Analisis Keamanan Vaksin.com, Alfons Tanujaya, menjelaskan betapa bahayanya bila kita sembarang memakai fitur Call Forward kepada orang lain.

Itu sama saja menguasai akun-akun yang diamankan dengan TFA (two factor authentication)," kata Alfons. "Akun seperti Gopay, OVO, Tokped dan sejenisnya, internet banking, otorisasi kartu kredit itu semua akan dikuasai.

Termasuk akun internet email, sosmed, Whatsapp dan lainnya yang menggunakan otorisasi lewat OTP," jelasnya.Cara mengaktifkan fitur Call Forward sendiri sangat sederhana, kita hanya perlu menekan *21* (dilanjutkan dengan nomor ponsel tujuan forward)#. Jika ada orang asing dengan iming-iming kepada kita untuk menekan hal tersebut, jangan pernah anda lakukan!

4 Cara Agar Rekening Bank Tak Dibobol Maling

Cara Bobol Atm Lewat Nomor Rekening. 4 Cara Agar Rekening Bank Tak Dibobol Maling

Oleh karena itu, sebagai nasabah kita harus mampu mengimbangi kecanggihan teknologi dengan kewaspadaan serta kehati-hatian. Tujuannya, agar pihak bank mudah mendeteksi jika ditemukan transaksi menggunakan data lama oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Gozali mengatakan nasabah harus melindungi data-data pribadi dengan cara tidak memberitahukan data tersebut kepada sembarang orang. Apalagi, jika data-data tersebut berkaitan dengan validasi transaksi perbankan, misalnya tanggal lahir, nama ibu kandung, dan alamat sesuai KTP. "Karena kadang secara tidak sadar kita share nama ibu kandung, foto kartu ATM, terutama di bagian belakang ada kode keamanan, atau informasi pribadi lainnya yang mungkin dimanfaatkan sebagai celah penipuan," imbuhnya.

Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Asad menambahkan tak kalah pentingnya agar rekening tidak bobol adalah mengganti nomor PIN secara berkala. "Begitu juga ketika smartphone hilang, langsung lakukan tindakan pencegahan dengan blokir rekening atau ganti password," katanya.

Terlebih jika nasabah selalu membawa kartu ATM rekening tersebut di dalam dompet, maupun menginstal m-banking dari smartphone.

Cara Blokir Rekening Penipu Online: Ini 7 Langkahnya!

Cara Bobol Atm Lewat Nomor Rekening. Cara Blokir Rekening Penipu Online: Ini 7 Langkahnya!

Bahkan, orang yang selalu cermat dalam transaksi online aja bisa terperosok suatu saat karena lengah. Banyak manfaat yang diberikan bagi pemegang polis asuransi jiwa, salah satunya mendapatkan santunan kepada ahli waris. Jadi, kalau nasib apes lagi iseng mampir pas belanja online, kita bisa langsung lakukan cara blokir ATM penipu.

Begitu sadar jadi korban penipuan online, langsung telepon bank yang kita pakai buat transfer. Soalnya dibanding via e-mail, komunikasi lewat telepon lebih jelas dan hasilnya bisa langsung kita ketahui. Kalau terpisah jarak, klarifikasi kedua pihak bisa diberikan via teleconference dengan perantara bank tersebut. Kalau bank sudah memverifikasi bahwa laporan itu memenuhi syarat, kita tinggal tunggu dana transferan dikembalikan. Berikut ini adalah dua cara membekukan rekening atau akun DANA penipu, yang bisa kamu lakukan. Jadi, kalau kita merupakan penjual online yang merasa kena tipu pembeli, bisa juga melapor.

Masing-masing jenis ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Waspada 4 Modus Bobol Rekening Bank, Pakai Setruk ATM & SIM Card Bekas

Cara Bobol Atm Lewat Nomor Rekening. Waspada 4 Modus Bobol Rekening Bank, Pakai Setruk ATM & SIM Card Bekas

“Kerugian dari metode ini adalah kehilangan saldo tiba-tiba di rekening dengan riwayat jejak yang minim,” kata BCA melalui laman resmi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan, salah satu modus kejahatan siber yang dapat digunakan untuk membobol rekening bank yakni SIM Swap. Nomor ponsel yang sudah lama tak terpakai atau mati dapat menjadi celah bagi penjahat untuk membobol rekening pengguna layanan perbankan. Peneliti Keamanan Siber Communication Information System Security Research Center Pratama Persadha mengatakan, para pelaku pembobolan rekening bank dapat mengecek dengan acak nomor yang tidak terpakai itu. Pakar keamanan siber di Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, pembobolan melalui nomor ponsel lama yang tak terpakai biasanya terjadi karena pengguna tidak menyadari bahwa SIM Card masih terkait dengan berbagai layanan perbankan. "Dari data-data inilah, pelaku berpura-pura sebagai pemilik rekening lalu meminta pembuatan buku tabungan serta ATM dengan alasan hilang atau kecopetan," ujar dia.

Tak Mau Kena Bobol? Ini Tips Agar Mobile Banking Anda Tetap Aman

Cara Bobol Atm Lewat Nomor Rekening. Tak Mau Kena Bobol? Ini Tips Agar Mobile Banking Anda Tetap Aman

Menurut berbagai penelitian, salah satu penyebab terjadinya peretasan mobile banking ini lantaran belum semua pengguna menerapkan perilaku digital yang aman. Nah, agar aktivitas Anda menggunakan mobile banking tidak terganggu dan aman dari peretasan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan. Aktifkan fitur ini agar setiap transaksi hanya bisa dilakukan setelah adanya persetujuan dari Anda melalui One Time Password (OTP).

Pada setiap pembaruan, pihak perbankan biasanya menyediakan fitur yang hanya bisa diakses melalui versi terbaru aplikasi mobile banking. Transaksi mobile banking lewat aplikasi resmi akan melindungi Anda dari pembobolan karena memiliki sistem yang sudah dilengkapi keamanan ketat. Prinsip kehati-hatian juga harus Anda terapkan dalam menjaga kerahasiaan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan, tanggal lahir dan nama ibu kandung.