Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive

  • Diterbitkan : 24 Nov 2022

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive. Membackup Whatsapp adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan agar chatmu masih bisa tersimpan kalau-kalau HP-mu mengalami masalah. Bagi kamu pengguna Whatsapp Modded, mungkin akan kesulitan untuk membackup chat di akun Google Drive.

Oke, langsung saja kita masuk ke cara mem-backup WhatsApp tanpa Google Drive yang dapat kamu lakukan dengan mempraktikkan langkah-langkah berikut ini. WhatsApp melakukan backup data ke penyimpanan internal atau kartu SD Eksternal di Handphone kamu. Kalau cuman backup seperti itu, andaikata tiba-tiba HP yang saya gunakan rusak, berarti chat-nya ilang semua dong?

Kalaupun tiba-tiba HP-mu rusak, kamu juga akan kehilangan backup chat-mu yang sudah tersimpan di memori internal HP-mu. Oiya, setelah kucari-cari, ternyata Whatsapp memiliki fitur otomatis untuk membackup chat di memori internal. Kalau ingin chatmu tersimpan dengan rapi, artinya kamu harus rajin-rajin mengirim secara manual hasil backup Whatsapp-mu ke lain device. Dengan begitu, kamu tak perlu risau karena proses backup lokal ini secara otomatis berjalan.

Mudah Banget, Cara Backup WhatsApp Tanpa Google Drive

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive. Mudah Banget, Cara Backup WhatsApp Tanpa Google Drive

Mungkin sebagian orang belum mengetahui, namun cara ini bisa dicoba walaupun tidak terhubung dengan jaringan internet. Kamu pasti sangat mengandalkan WhatsApp dalam kegiatan bertukar pesan sehari-hari kan? Sudah pasti banyak data penting yang tersimpan di WhatsApp seperti informasi tentang sekolah, pekerjaan, bisnis, dan lainnya. Baca Juga:Cara Backup Data WhatsApp (WA) tanpa Google Drive. Untuk tempat penyimpanannya kamu bisa menggunakan memori eksternal, flashdisk atau komputer. Baca Juga:Cara Download YouTube MP3 Pakai Aplikasi SnapTube, Dijamin Mudah!

Cara backup WhatsApp tanpa google drive bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :.

√ 2+ Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive ke HP Baru Lengkap

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive. √ 2+ Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive ke HP Baru Lengkap

Kebetulan disini saya sudah menyiapkan berbagai cara yang bisa kita gunakan untuk mencadangkan data whatsapp yaitu melakukan backup menggunakan akun google drive, tanpa google drive dan juga saya akan menjelaskan cara lengkap beserta video youtube yang bisa kamu tonton. Perlu diingat disini saya menggunakan 2 smartphone xiaomi, jadi apabila ada perbedaan tampilan silahkan sesuaikan dengan hp kamu masing-masing.

Makanya pas dapet eror begini langsung deh puyeng minta ampun belum lagi data foto dan video saya yang gak sedikit, hampir 3.000 lho. Karena cara ini hanya bisa dilakukan ketika kamu masih menggunakan smartphone yang sama, apabila hp yang berbeda maka dengan cara ini whatsapp di hp baru tetap tidak akan mendeteksi adanya file backup-an whatsapp sebelumnya, hanya saja memang semua foto, video dan dokumen lain akan tetap ada karena sudah saya coba sendiri. Hmmm.. mungkin itu saja yang bisa saya sharing kepada teman-teman semuanya, jika teman-teman masih bingung silahkan tonton video di bawah ini.

Cara Backup WhatsApp Tanpa Google Drive

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive. Cara Backup WhatsApp Tanpa Google Drive

Membackup data merupakan hal terpenting untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi kesalahan pada data-data yang kita miliki. Selain itu Anda dapat memilih supaya dicadangkan ketika terkoneksi dengan Wi-FI saja atau Wi-FI dan Seluler.

Karena proses ini hanya mengambil data WhatsApp untuk disimpan ke dalam Penyimpanan Internal kok. Sehingga media seperti Foto, Video, Voice Note dan file lainnya akan terbackup secara keseluruhan. Disini saya tidak menjamin kalau restore chat wa menggunakan cara manual akan mengembalikan data sepenuhnya.

(Diperbarui 2021) Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp tanpa Google Drive

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive. (Diperbarui 2021) Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp tanpa Google Drive

WhatsApp secara otomatis membuat cadangan obrolan Anda ke memori internal perangkat setiap hari sekitar pukul 2 pagi. Klik “Pulihkan” dan WhatsApp akan mencari cadangan offline yang tersedia.

Jika Anda ingin memilih cadangan untuk dipulihkan, opsi terbaik adalah menggunakan File Explorer. Buka aplikasinya lalu cari folder WhatsApp di memori internal atau kartu SD.

Jika Anda tidak menemukan foldernya, cari “msgstore” dan temukan file dalam format berikut:: msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses penyiapan dan memverifikasi nomor telepon Anda Setelah proses verifikasi selesai, klik “Pulihkan Riwayat Obrolan” dan semua pesan akan dikembalikan ke perangkat.

Buka iTunes di PC Anda lalu sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB. Unduh dan instal Mobitrix ke komputer Anda, lalu ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mencadangkan pesan WhatsApp:.

Langkah 4: Klik “Pulihkan” di jendela berikutnya dan program akan segera mulai memulihkan data WhatsApp ke perangkat.

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive, Pakai Ini

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive. Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive, Pakai Ini

Kamu pasti sangat mengandalkan WhatsApp dalam kegiatan bertukar pesan sehari-hari kan? Sudah pasti banyak data penting yang tersimpan di WhatsApp seperti informasi tentang sekolah, pekerjaan, bisnis, dan lainnya. Nah untuk berjaga-jaga, khawatir data chat, video, foto, document, audio, stiker dari aplikasi WhatsApp kamu mengalami kerusakan atau hilang kamu perlu melakukan sebuah tindakan pencegahan yaitu dengan backup WhatsApp untuk mentransferkan data dari aplikasi WhatsApp kamu tersebut. Untuk tempat penyimpanannya kamu bisa menggunakan memori eksternal, flashdisk atau komputer. Cara backup WhatsApp tanpa google drive bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :. Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah buka menu Setelan WhatsApp > Setelan > Chat > Cadangan chat Pilih opsi "Jangan Pernah" pada pilihan opsi Cadangkan ke Google Drive, jadi setelah memilih opsi tersebut kamu tidak akan melakukan backup data WhatsApp kamu ke Google Drive, dan hanya akan melakukan backup data WhatsApp langsung ke Penyimpanan Internal / Kartu SD eksternal pada HP kamu saja Setelah itu buka menu File Manager yang ada pada HP kamu Kemudian cari folder WhatsApp, biasanya folder WhatsApp terletak di Penyimpanan Internal tapi jika folder WhatsApp tidak ada di penyimpanan internal itu berarti folder WhatsApp kamu terletak di Kartu SD eksternal Copy satu folder WhatsApp tersebut Selanjutnya kamu bisa paste folder WhatsApp tersebut di tempat penyimpanan yang kamu inginkan bisa di Kartu SD eksternal Selesai!

Itulah cara backup WhatsApp tanpa google drive yang bisa kamu coba dengan mudah, jadi jangan lupa untuk melakukan backup folder WhatsApp kamu tersebut sebagai cadangan secara berkala ya, agar jika suatu saat HP kamu error atau terjadi kendala lainnya, WhatsApp akan membaca folder WhatsApp yang kamu backup tersebut secara otomatis. HP kamu akan menyimpan file backup lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir.

Proses backup lokal akan secara otomatis dibuat setiap hari pukul 02.00 dan disimpan sebagai file pada HP kamu.

Berhasil! Cara Backup Data WA Paling Gampang, Tanpa Aplikasi

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive. Berhasil! Cara Backup Data WA Paling Gampang, Tanpa Aplikasi

Backup data wa atau mencadangkan chat dan file menjadi salah satu hal yang penting dilakukan oleh pengguna whatsapp. Aplikasi whatsapp tidak sengaja ter-uninstal, mengembalikan ponsel ke setelan pabrik atau ganti HP yang baru.

Kita hanya perlu download lagi di play store dan mengisinya dengan nomor yang sama. Atau, chat wa kamu berisi informasi-informasi yang penting seperti info sekolah, pekerjaan, bisnis, daftar pesanan klien dan lainnya.

Yang penting kamu ingat email password akun googlenya dan siap internet ketika restore datanya nanti. Kalau sudah, wa akan menyimpan data secara otomatis dan proses ini membutuhkan waktu yang agak lama. Cadangan lokal dibuat setiap pukul 02.00 dini hari dan disimpan secara otomatis sebagai file di perangkat.

Tapi kita diberi kesempatan ketika masih awal instal aplikasi wa yang baru dan sudah melakukan verifikasi nomor. Biasanya WA akan otomatis mengambil backup data yang ada di penyimpanan ponsel, baik internal maupun eksternal.