Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal Di Wa

  • Diterbitkan : 25 Feb 2024

Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal Di Wa. Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp yang makin populer membuat aplikasi media sosial tersebut kian sering disalahgunakan untuk upaya penipuan. Sebagai alat komunikasi utama warga dunia, termasuk Indonesia, WhatsApp tidak hanya digunakan untuk chat. Pengguna WhatsApp kini makin akrab dengan telepon dan chat dari orang tak dikenal baik yang bertujuan untuk berjualan maupun percobaan penipuan. Posisi WhatsApp sebagai alat komunikasi utama juga membuat aplikasi ini menyimpan banyak informasi pribadi seperti data keuangan, foto, hingga nomor kontak. Oleh karena itu, pengembang WhatsApp menyediakan beberapa fitur supaya pengguna bisa melindungi informasi pribadi lebih kuat. Setelah fitur ini diaktifkan, panggilan WhatsApp Call dari nomor yang belum tersimpan di kontak tidak akan masuk ke HP.

Geser pilihan terakhir untuk memilih notifikasi aktif atau tidak selama aplikasi terkunci. Jika pengguna lupa dengan password atau kunci 64 angka, data cadangan yang tersimpan di cloud tidak dapat dipulihkan.

Oleh karena itu, sebaiknya simpan password atau ambil tangkapan layar dari kunci 64 angka.

Cara Blokir Otomatis Nomor tidak Dikenal di WhatsApp

Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal Di Wa. Cara Blokir Otomatis Nomor tidak Dikenal di WhatsApp

Sebelum memulai obrolan, perlu diketahui bahwa membagikan atau menerima nomor WhatsApp jangan disebarkan ke orang yang tidak dikenal. Berikut ini adalah cara WA tanpa harus save nomor:.

5 Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal untuk Hp Android dan iOS

Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal Di Wa. 5 Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal untuk Hp Android dan iOS

Cara blokir nomor tidak dikenal yang menghubungi ke hp bisa diatasi dengan berbagai trik. Cara ini dapat diterapkan sesuai jenis hp atau smartphone yang digunakan.

Sebab, nomor hp tidak dikenal tersebut dikhawatirkan menjadi bentuk modus kejahatan. Dengan begitu ketika nomor tidak dikenal menghubungimu, hp akan otomatis menolak panggilan. Bahkan beberapa telah dilengkapi fitur untuk memberi tahu pengguna identitas nomornya.

Misalnya, nomor tidak dikenal itu berasal dari panggilan telemarketer, spamming, atau skema penipuan (scam). Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara blokir nomor tidak dikenal melalui hp Android dan iOS. Temukan dan ketuk ikon "Info" di sebelah nomor tidak dikenal.

Nantinya jika nomor tidak dikenal itu kembali menghubungi, sistem dari hp akan otomatis memutus panggilan masuk. Anda dapat menghubungi layanan pelanggan operator secara langsung untuk informasi lebih lanjut.

WhatsApp blokir otomatis panggilan dari nomor tak dikenal

Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal Di Wa. WhatsApp blokir otomatis panggilan dari nomor tak dikenal

Fitur akan membungkam panggilan dari nomor yang tidak disimpan di ponsel atau bukan bagian dari daftar kontak. WhatsApp menambahkan fitur baru untuk memblokir panggilan masuk dari penelepon tak dikenal.

Fitur tersebut, jika pengguna mengaktifkannya, akan membungkam panggilan dari nomor yang tidak disimpan di ponsel atau bukan bagian dari daftar kontak. Ini membantu untuk secara otomatis menyaring spam, penipuan, dan panggilan dari orang tak dikenal untuk perlindungan yang lebih baik," tulis WhatsApp dalam postingan blognya. Namun, penelepon tersebut akan muncul di log atau daftar panggilan sehingga pengguna bisa melihat apakah itu benar nomor spam atau malah ternyata penting.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa menemukan opsinya di pengaturan Privasi, kemudian pilih menu Calls. Lalu, nyalakan sakelar di samping tulisan 'Silence unknown callers'. Itu ide bagus karena fitur privasi terus berkembang, dan mencari tahu semuanya bisa sangat membingungkan. "Fitur langkah demi langkah ini memandu Anda melalui pengaturan privasi penting untuk membantu Anda memilih tingkat perlindungan yang tepat, semuanya di satu tempat. Memilih 'Mulai pemeriksaan' di setelan Privasi akan mengarahkan Anda melalui berbagai lapisan privasi yang memperkuat keamanan pesan, panggilan, dan informasi pribadi Anda.".